5 Cara Mengajari Belajar Membaca Bagi Anak Tk Yang Efektif Dan Menyenangkan

5 Cara Mengajari Belajar Membaca Bagi Anak Tk Yang Efektif Dan Menyenangkan

Pada dasarnya anak sudah bisa dikenalkan huruf sejak berusia 2 sampai 3 tahun. Namun orang tua sebatas memberikan pengertian bahwa tujuan mengenal huruf ini harus dilakukan sambil bermain. Kemudian anak-anak bisa mulai mempelajari membaca secara serius ketika sudah berusia antara 5 sampai 6 tahun. Karena ada bagian syaraf dalam otak anak yang sudah bisa bekerja untuk memecahkan kode untuk menghafal sebuah huruf dan belajar membaca. DokterSehat.Com– Sudah tiba masanya bagi anak Anda untuk belajar membaca? Sering kali, tahap belajar membaca ini membingungkan orang tua karena tidak tahu bagaimana cara mengajari anak membaca. Bagi Anda yang masih bingung maka Anda bisa perhatikan beberapa cara mengajarkan anak membaca dengan cepat di sini.

cara mengajari anak membaca

Supaya lebih lancar membaca, Si Kecil harus sering berlatih dengan membaca buku yang tepat. Cara membangun kebiasaan membaca antara existed dengan membaca bersama di waktu-waktu tertentu. Maka ada baiknya jika karpet yang kamu pilih ialah karpet yang mempunyai gambar tertentu yang menarik lengkap dengan keteranganya. Usahakan tulisan yang dimuat mempunyai ukuran yang cukup besar dengan jenis font style yang biasa saja. Dengan begitu, ketika anak tidur-tiduran di karpet, dia akan melihat tulisan dan gambar. Dengan begitu dia tertarik dengan gambar, cobalah untuk melihat tulisan dan ajarkan bagaimana cara membacanya. Kesulitan konsentrasi membuat pikiran melayang entah ke mana dan huruf-huruf yang dibaca pun ikut menguap terbang.

Selain itu, anak juga mengenal huruf-huruf itu apa dan untuk apa karena di dalam bacaan terdapat huruf-huruf. Ciptakan waktu belajar sambil bermain agar suasananya terasa menyenangkan dan tidak cepat membuat anak bosan. Membaca nyaring untuk anak./ Copyright shutterstock.com/g/MakistockKenalakan si kecil huruf cara mengajari anak membaca dari A sampai Z, orangtua bisa mencontohkan. Dengan begitu anak termotivasi untuk membaca isi buku tersebut. Apalagi anak-anak masih memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mengajak anak mengingat hal-hal yang telah dipelajari melalui permainan tebak-tebakan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Kemudian jika Anda sudah mulai mengenalkan anak bentuk dan ucapan huruf, maka lakukan hal yang sama. Lalu anak akan mencari huruf yang sesuai dan mengatakan bahwa itulah bentuk ikan. Mengetahui dan memahami cara mengajarkan anak membaca yang efektif tentu penting dimiliki semua orang tua karena ini akan membantu proses Si Kecil belajar membaca dengan lebih baik. Cara mengajari anak membaca tanpa mengeja mungkin terdengar sulit ya, Bu. Pada awalnya anak mungkin juga akan menemui kesulitan, sehingga ia harus mengeja terlebih dulu. Di sini Ibu lah yang harus rajin dan pantang menyerah untuk melatih anak agar ia dapat membaca tanpa mengeja. Ajari anak dengan metode belajar yang sesuai dengan karakternya, maka lama-kelamaan ia akan mulai lancar membaca.

Anak dengan kesadaran fonik akan mengetahui bahwa huruf yang dilihat berhubungan dengan suara. Orang tua hanya perlu mengambil satu buku, lalu membacakan dengan suara nyaring. Intonasi dan ekspresi penting dalam sesi membacakan nyaring. Tujuannya untuk memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi si Kecil.

Anak akan lebih menjaga konsistensinya untuk memproses bacaan-bacaan tersebut secara baik. Dan proses ini tidaklah sebentar, memerlukan perhatian yang cukup lama. Dengan demikian, konsentrasi si kecil akan mudah terbentuk ketika dewasa nanti karena telah memiliki bibit-bibit konsistensi untuk fokus pada suatu hal. Banyak orang kurang menyadari pentingnya kegiatan sederhana ini.

Untuk anak usia 7 tahun, anak tidak boleh dipaksa untuk mau belajar atau bisa membaca. Karena paksaan justru membuat anak kesulitan dalam belajar.

Dipenuhi dengan gambar dan warna yang akan membuat anak bisa menyukai buku seperti permainan. Kemudian pilih buku untuk mengajarkan alfabet atau hurup kepada anak. Pilih buku dengan ukuran yang besar sehingga tulisan huruf juga lebih jelas. Di setiap huruf biasanya juga dibuat cerita yang menarik untuk anak. Anda bisa menemukan buku yang paling disukai oleh anak-anak. Mengenalkan beberapa alfabet juga bisa mengatasipenyebab anak cepat marah.

Comments are closed.